Translate this page from Indonesian to the following language!
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Widget edited by imerka

Kamis, 09 September 2010

Cara Ganti Gambar Icon di adrress bar Blog


Sebenarnya ini bukan tips ataupun tutorial, ini hanyalah sekedar sharing saja. Barang kali ada yang membutuhkan karena memang belum tahu atau barang kali sudah tahu tapi lupa caranya. Disini saya akan sedikit membahas tentang Favicon atau Icon addres bar atau URL, karena saya lihat masih ada beberapa blog dari sobat blogger yang saya kunjungi yang di addres barnya masih standart/belum ada Icon khusus sebagai ciri khasnya. Sebagaimana yang saya katakan tadi saya tidak tahu apakah karena memang belum tahu caranya atau sudah tahu tapi lupa. Nah disini fungsinya saya menulis postingan ini, untuk memberi tahu ataupun untuk mengingatkan kembali.
Untuk merubah atau mengganti favicon atau icon blog di address bar tekniknya semua hampir sama, baik di wordpress ataupun di blogspot. Jika di wordpress.org kita bisa menggunakan plugin khusus ataupun di edit manual beberapa script codenya, untuk blogspot sudah pasti jalan satu-satunya hanya dengan edit manual, sedangkan untuk blog wordpress.com sudah disediakan widget khusus untuk upload faviconnya, jadi tidak perlu susah-susah mengeditnya.
1. WordPress.org
Untuk wordpress.org ada 2 cara, yaitu:
  • Menggunakan plugin
Kita bisa menggunakan plugin khusus untuk edit Favicon, plugin yang digunakan yaitu Blog Icons
  • Edit Script Code
Untuk ini bisa melalui cpanel atau juga bisa melalui account wordpress. Yang jelas nanti kita harus masuk file header.php, disini nanti kita cari code </head>Setelah ketemu kita masukkan code berikut ini:
<link rel=’shortcut icon‘ href=’http://isi_alamat_gambar_favicon‘/> diatas</head>
2. WordPress.com
Untuk wordpress.com karena sudah disediakan tempat untuk upload gambar Favicon jadi akan lebih mudah untuk proses penggantiannya. Tinggal kita masuk Account wordpress >> Tools >> Blog Picture >> Browse >> Upload
3. Blogspot.com
Untuk di blogspot.com kita hanya bisa menggunakan satu cara yaitu Edit Code Scriptnya. Caranya adalah kita masuk ke mode Edit HTML Cari code </head>. Setelah ketemu masukan code berikut ini:
<link rel=’shortcut icon‘ href=’http://isi_alamat_gambar_favicon‘/> diatas code </head> Setelah itu kita SAVE
Semoga dengan adanya postingan kali ini bisa membantu untuk kembali mengingat bagaimana cara mengganti Favicon di blog kita.

Related posts:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar